FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRESS PADA ANAK DENGAN METODE BELAJAR MEDIA DARING PADA MASA PANDEMIK DI SDN JAYA MULYA 1 KABUPATEN KARAWANG PADA MASA PANDEMIK TAHUN 2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ratih Bayuningsih
Fajar Sidik

Abstract

Stres pada siswa adalah kondisi yang terjadi ketika terdapat tekanan di sekolah yang membuat siswa merasa terbebani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan stress pada siswa yang bersekolah dengan media daring di masa pandemi covid-19 di SDN Jayamulya 1 Kab. Karawang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional dengan jumlah populasi 57 responden dan sampel yang digunakan 57 responden. Hasil penelitian ini terdapat hubungan antara faktor tekanan berprestasi tinggi dengan stres dengan nilai p-value 0.022 < 0.05, faktor jadwal yang padat dengan stres dengan nilai p-value 0.012 < 0.05, faktor prestasi akademik dengan stres dengan nilai p-value 0.000 <0.05, faktor tuntutan fisik dengan stres dengan nilai p-value 0.036 < 0.05, faktor tuntutan tugas dengan stres dengan nilai p-value 0.025 < 0.05, faktor tuntutan peran dengan stres dengan nilai p-value 0.000 < 0.05 dan faktor tuntutan interpersonal dengan stres dengan nilai p-value 0.004 < 0.05.



Kata Kunci : Tekanan Berprestasi Tinggi, Jadwal Yang Padat, Prestasi Akademik, Tuntutan Fisik, Tuntutan Tugas, Tuntutan Peran, Tuntutan Interpersonal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##