PROSES PEER REVIEW

  1. Artikel yang telah memenuhi persyaratan dan sesuai dengan ketentuan di pedoman dikirimkan secara online ke Journal Health Society.
  2. Format referensi dalam teks dan daftar referensi dibuat dalam American Phsycological Asosiasi (APA) style menggunakan perangkat lunak referensi Mendeley.
  3. Naskah yang telah dikirimkan selanjutnya akan ditinjau oleh dua reviewer.
  4. Setiap naskah akan ditinjau secara buta (double blind review).
  5. Hal-hal baru, objektivitas, akurasi metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi terbaru akan menjadi pertimbangan utama dalam meninjau ulang naskah.

 

PANDUAN REVIEWER

  1. Reviewer akan meninjau artikel sesuai dengan komponen standar artikel. Penyimpangan pada konten artikel ditulis di kolom komentar.
  2. Judul harus menggambarkan subjek naskah secara memadai, lugas, jelas, tepat, bukan multitafsir dan informatif. (Jika diperlukan, berikan saran judul di kolom komentar).
  3. Pencantuman nama penulis : Lengkap dan konsisten
  4. Abstrak ditulis dalam B.Inggris dan B.Indonesia. Memuat secara singkat tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil, dan kesimpulan inti. Abstrak maksimal memuat 200-250 kata.
  5. Kata Kunci konsisten dan mencerminkan konsep penting dalam artikel.
  6. Tujuan ulasan artikel harus jelas dan dapat menjawab hipotesis.
  7. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan harus dijabarkan dengan tepat dan detail untuk memungkinkan pembaca yang kompeten mengulangi penelitian serupa yang dilakukan oleh penulis. Alat, bahan, platform perangkat keras / perangkat lunak dan kerangka kerja yang digunakan dalam penelitian juga perlu dijabarkan.
  8. Informasi mengenai metode penelitian dan alur penelitian dijelaskan secara sederhana, singkat dan efektif sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
  9. Subjek penelitian harus dijelaskan secara logis dan efektif.
  10. Tidak diperbolehkan mengulangi/duplikasi penjelasan dari karya yang telah diterbitkan dari penulis atau orang lain. Perlu diperhatikan apakah naskah dapat dipersingkat tanpa kehilangan konten misalnya dengan menyatukan beberapa tabel atau gambar. Jika ada duplikasi reviewer dapat memberikan beberapa komentar.
  11. Reviewer perlu memverifikasi ketepatan perhitungan yang termuat dalam naskah.
  12. Semua tabel dan gambar harus dirujuk dalam teks / paragraf. Pernyataan dalam teks harus sesuai dengan isi tabel dan gambar.
  13. Judul tabel, gambar, diagram, grafik dan lainnya harus menyatakan konten.
  14. Interpretasi tabel/gambar/diagram/grafik dan lainnya harus jelas dan tegas, akurat dan menggunakan unit SI yang benar.
  15. Reviewer perlu memperhatikan perbedaan antara dugaan dan fakta yang diungkap penulis.
  16. Kesimpulan harus menjawab hipotesis dan dinyatakan secara memadai, jelas serta didukung oleh data dan pengujian.
  17. Semua referensi dalam teks harus termuat dalam Daftar Pustaka. Referensi berjumlah setidaknya 10 unit dengan 60% dalam bentuk referensi primer (jurnal ilmiah terpublikasi) dan 40% referensi lainnya (artikel lanjutan, buku referensi, tesis / disertasi). Daftar pustaka konsisten dan menggunakan aplikasi pengutipan Mendeley.

 

Memberikan Hasil Ulasan

Setelah anda (reviewer) bersedia melakukan peninjauan, anda dapat mengunduh file artikel dan file tambahan, mengisi formulir ulasan atau komentar atau mengunggah file untuk editor dan / atau penulis tentang hasil review. Diharapkan hasil review memberikan rekomendasi mengenai kualitas artikel. Proses review harus diselesaikan dalam jangka waktu 2 minggu/artikel. Jika membutuhkan lebih banyak waktu, anda dapat melakukan konfirmasi dan mengirimkan berkas tersebut ke Editor (lppmjurnal@stikesmi.ac.id).