Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living Pada Anak Tunagrahita di SLB PGRI Wilayah Kerja Puskesmas Gegerbitung Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Teten Tresnawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi
  • Hani Widlyasari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi
  • Sri Janatri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.62094/jhs.v13i1.141

Keywords:

Anak Tunagrahita, Pola Asuh, Tingkat Kemandirian Activity Daily Living

Abstract

Pola asuh merupakan cara orang tua memberikan bimbingan kepada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian activity daily living pada anak tunagrahita. Kemandirian merupakan suatu aspek untuk melihat kemampuan seseorang tanpa bergantung pada orang tua. Salah satu kegiatan untuk mengukur tingkat kemandirian yaitu activity daily living. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang dengan menggunakan total sampling. Intrumen dinyatakan valid dan reliabel. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat menggunakan Chi square. Hasil penelitian menunjukan bahwa 15 (37,5%) responden memilih jenis pola asuh demokratis dan 11 (50,0%) anak dengan pola asuh demokratis dinyatakan mandiri menjalankan ADL. Hasil uji didapatkan p-value 0,036 < 0,05. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian activity daily living pada anak tunagrahita. Saran untuk Puskesmas Gegerbitung mengadakan penyuluhan kepada orang tua mengenai pola asuh yang baik untuk anak dengan kondisi berkebutuhan khusus serta saran bagi SLB PGRI diharapkan dapat membuat program untuk mendukung keaktifan siswa-siswi dan orang tua dalam menjalankan activity daily living.

References

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Pada Subsuku Dayak Inggar Silat. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–136. https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.538

Affandi, L., Pamenang, M. U., & Azigita, S. A. (2022). Klasifikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Polinema, 8(3), 1–6. https://doi.org/10.33795/jip.v8i3.449.

Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ل

ق ل ٱ ب م ل ع ي ل ٱ ٱ م ل ع ٤ م . Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Haryanto, E., Yuliyanti, D., & Kartikasari, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Cinta Asih Soreang Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 6(2), 11–21. https://doi.org/10.58550/jka.v6i2.119.

Hendri, (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. Aceh: Uin Ar-Rariny Banda Aceh.

Ilmiah, J., Keperawatan, B., Anak, L., Sedang, T., Kudus, N. P., Petra, O. A., Hartini, S., & W, B. D. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kemandirian ADL ( Activity Of Daily. 6(1), 1–11.

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90.

Maenner, Matthew J., Leann E. Smith, Jinkuk Hong, Renee Makuch, Jan S. Greenberg, And Marsha R. Mailick. 2013. “Evaluation Of An Activities Of Daily Living Scale For Adolescents And Adults With Developmental Disabilities.” Disability And Health Journal 6 (1): 8–17. Https://Doi.Org/10.1016/J.Dhjo.2012.08.005.

Mirnawari, (2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Diperoleh dari https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17393.

Mubarok, Z., Anggraini, M. T., & Noviasari, N. A. (2022). Hubungan Family Support System terhadap Kemandirian Activity Of Daily Living Anak Tunagrahita Di Kota Semarang. Jurnal Unimus, 4(1).

Permatasari, Y., Daely, W., & Koto, Y. (2023). Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kemandirian Pemenuhan Kebutuhan ADL (Activity of Daily Living) pada Anak Tunagrahita. Journal of Nursing Education and Practice, 2(2), 192–200. https://doi.org/10.53801/jnep.v2i2.104

Kelen, M. P., & Pasaribu, J. (2018). Dukungan Keluarga Dan Masyarakat Terhadap Konsep Diri Siswa Tunagrahita. Jurnal Perawat Indonesia, 2(2), 83. https://doi.org/10.32584/jpi.v2i2.49

Rahman, A., & Adhma, H. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Kemandirian Anak Tunagrahita Dalam Activities Daily Living Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kabupaten Pringsewu Abstrack : Correlation Parents in the Independence of the Children in the Activities of the Daily Living At th. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 1(2), 248–256.

Riyadi, A. P., Mustikarani, I. K., Indiyanti, M. S., Program, M., Sarjana, S., Universitas, K., Husada, K., Program, D., Sarjana, S., Universitas, K., & Husada, K. (2020). Kata kunci: Anak retardasi mental,FFQ,SPPAHI. 47.

Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (2001). The Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ). Dalam B. F. Perlmutter, J. Touliatos, & G. W. Holden (Eds.), Handbook of family measurement techniques Volume 3: Instruments & index (hlm. 319-321). Thousand Oaks, CA: Sage.

Sulistyawati, I., Hasanah, M., & Amelasasih, P. (2023). Gambaran Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Activity Daily Living Anak Tunagrahita. 1–18.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Tresnawan, T., Widlyasari, H., & Janatri, S. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living Pada Anak Tunagrahita di SLB PGRI Wilayah Kerja Puskesmas Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Health Society, 13(1), 79–88. https://doi.org/10.62094/jhs.v13i1.141