Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.62094/jhs.v13i1.126Keywords:
CSI, Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan, Serv QualAbstract
Pelayanan kesehatan merupakan upaya pencegahan dan pengobatan penyakit untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Salah satu bentuk ukuran keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah perasaan yang timbul atas tindakan tenaga kesehatan sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan dibandingkan dengan harapan pasien atau melebihinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian jenis penelitian ini deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi dengan sampel 155 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dan accidental sampling. Analisa data menggunakan IPA dan CSI. Hasil penelitian analisa IPA diketahui bahwa prioritas utama perbaikan ada pada kuadran I yaitu atribut 1, 5, 19, 22. Pada perhitungan CSI diketahui sebesar 71,11%. Kesimpulan secara umum tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan berdasarkan dimensi kepuasan di Puskesmas Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi berada dalam kategori puas. Diharapkan Puskesmas Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi mampu memperbaiki indikator yang menjadi prioritas utama perbaikan.
References
Akbar, M. A. (2019). Buku Ajar Konsep-Konsep Dasar Dalam Keperawatan Komunitas. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Budhiana, J., Dewi, R. ., & Fatmala, S. D. . (2022). Job Satisfaction Analysis of Nurses Using Science and Cano Integration . Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 8(4).
Budhiana J, Wahida AZ. Penggunaan Metode Integrasi Importance Performance Analysis (IPA) dan Metode Kano dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien. Santika J Ilm Sains dan Teknol. 2019;9(2):979–95.
Burhanuddin, N. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal MKMI, 12(1), 41-46.
Depkes RI. (2009). Tentang Pelayanan Kesehatan.
Dewi, S. R., Budhiana, J., & Amalia, E. T. (2024). Analysis of Patient Satisfaction with the Quality of Health Services at the Baros Health Center, Sukabumi City. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 19(1), 34-45.
Emilia, S. (2016). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien di UPT Puskesmas sindangjawa Kabupaten Cirebon. Patient Satisfaction. Puskesmas, SERVQUAL, 39 (year 1985-2015).
Gultom, S. P., & Anggraini, S. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan BPJS dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bangkatan Binjai. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 2(2), 258–269.
Muninjaya, A. A. G. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Prana, M. M. M. (2021). Kualitas Pelayanan Kesehatan Penerima Jamkesmas di RSUD Ibnu Sina Gresik. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1).
Ruslan, E. (2017). Analisis Kepuasan Pasien Bedah Elektif Terhadap Pelayanan Keperawatan Preoperatif di Ruang Perawatan Bedah RSUD R.Syamsudin, SH Kota Sukabumi. STIKes Sukabumi.
Sondakh, Y. J., Wowor, R. E., & Kolibu, F. K. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Tingkat IV Lanud Sam Ratulang. Kesmas, 8(7).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suminar, R., & Apriliawati, M. (2017). Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa di Sempoa SIP TC Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari, 4(2).
Suwithi, N. W. (2017). Pelayanan Prima (Costumer Care). Makalah Penataran Guru Akomodasi Perhotelan Pada Pusat Pengembangan Penataran Guru Kejuruan.
Tenda, A. K. S., Tampi, J. R. ., & Rogahang, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Siloam Sonder. Productivity, 2(7).
Toliaso, C. S., Mandagi, C. K. F., & Kolibu, F. K. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal KESMAS, 7(4), 1–10.