Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Johan Budhiana Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi
  • Alin Elitian Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi
  • Asmarawanti Program Studi Diploma III Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi

Keywords:

Kepuasan, Kualitas, Pasien, Pelayanan Keperawatan

Abstract

Tuntutan masyarakat untuk memperoleh pelayana keperawatan yang berkualitasn semakin meningkat. Tolak ukur yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan layanan adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan cerminan kualitas pelayanan kesehatan yang mereka terima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Pelabuhan Ratu Sukabumi. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien di ruang rawat inap RSUD Palabuan Ratu Kabupaten Sukabumi dengan jumlah sampel sebanyak 372 pasien. Kriteria inklusi meliputi pasien yang bersedia menjadi responden, pasien yang dirawat >1 hari, dan pasien berusia >17-55 tahun. Adapun kriteria inklusi adalah pasien yang mempunyai keterbatasan fisik dan mental, dan pasien yang tidak bisa membanca dan menulis. Teknik analisis menggunakan uji somers’d. Hasil analisis menunjukan bahwa sebagain besar kualitas pelayanan keperawatan Sebagian besar baik sebanyak 216 (58,1%), adapun pada kepuasan pasien Sebagian besar memiliki kepuasan baik sebanyak 214 orang (57,5%). Berdasarkan hasil analisis bivariat menunjukan bahwa terdapat hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Pelabuhan Ratu dengan p-value 0,000. Kesimpulan bahwa RS dapat mempertahankan atau lebih meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang lebih baik dan bermutu untuk mencapai pelayanan yang optimal.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Budhiana, J., Elitian, A., & Asmarawanti. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Jurnal Health Society, 12(1). Retrieved from https://ojs.stikesmi.ac.id/index.php/jhs/article/view/80