Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS
DOI:
https://doi.org/10.62094/jhs.v13i2.175Kata Kunci:
BPJS, Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan KesehatanAbstrak
Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan suatu tanggapan atau respon yang diberikan oleh pasien setelah membandingkan antara harapan-harapan dengan apa yang dialami atau didapatkan pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Mutu pelayanan kesehatan berdampak secara langsung pada tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di UPTD Puskesmas Kadudampit Kabupaten Sukabumi.
Metode: Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang memanfaatkan pelayanan kesehatan BPJS di UPTD Puskesmas Kadudampit Kabupaten Sukabumi dengan sampel 320 orang menggunakan teknik accidental sampling dan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji somers 'D.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS dengan nilai p-value 0,000.
Kesimpulan: Terdapat hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS.
Unduhan
Referensi
Achmat, M., & Wujoso, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Pasienrawat Inap Di Rumah Sakit Parudr. Ario Wirawan Salatiga. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
Arifin, M. H., & Suprayitno. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Puskesmas Segiri Kota Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 2(2), 1234–1239. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1968
Astutik, E. E., Amrullah, A. E., & Madjianto, S. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Rawat Jalan. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 8(2), 158–163. https://doi.org/10.36858/jkds.v8i2.243
Harma, U., Abbas, A., & Aprillia. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Puskesmas oleh Dinas Kesehatan Kota Batam. Jurnal Dialektika Publik, 3(2), 9–16. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/dialektikapublik
Harun, S. H. A., & Listyowati, R. (2022). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Ris Hospital 2021. Archive of Community Health, 9(2), 343–356. https://doi.org/10.24843/ach.2022.v09.i02.p11
Ilkafah. (2022). Kepuasan Pasien sebagai Indikator Mutu dalam Pelayanan Kesehatan.
Imran, Yulihasri, Almasdi, & Syavardie, Y. (2021). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(3), 389–396. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i3.40846
Kemenkes RI. (2021). InfoDatin: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. https://lib.fkm.ui.ac.id/detail.jsp?id=132531
Librianty, N. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruangan Rawat Inap Mawar RSUD Bangkinang Tahun 2016. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 11–20. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/2766/3030
Maulina, L., Madjid, T. A., & Chotimah, I. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promotor Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(2), 130–136. https://doi.org/10.32832/pro.v2i2.1798
Mosadeghrad, A. M. (2014). Factors affecting medical service quality. Iranian Journal of Public Health, 43(2), 210–220.
Muhlisin, A., & Listiani, I. (2019). Faktor Tingkat Pendidikan Dan Penghasilan Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. June, 84–92. https://doi.org/10.32528/psn.v0i0.1734
Natassa, J., & Dwijayanti, S. S. (2019). Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di unit rawat inap RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Health Care: Jurnal Kesehatan, 8(2), 29–42. http://jurnal.payungnegeri.ac.id/index.php/healthcare/article/view/52
Nurjanah, S. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Di Puskesmas Tipar Kota Sukabumi. STIKes Sukabumi.
Pramana, & Priastuty, C. W. (2023). Perspektif masyarakat pengguna BPJS Kesehatan mengenai Kebijakan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS). Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 3(1), 30–41.
Putri, N. R., Guspianto, & Hubaybah. (2022). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi, 6(2), 7–16. https://doi.org/10.22437/jkmj.v6i2.19920
Sanah, N. (2017). Pelaksanaan fungsi puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. EJournal Ilmu Pemerintahan, 5(1).
Saputro, M. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 83–94.
Sondakh, J. J. S., Marjati, & Pipitcahyani. (2014). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Salemba Medika.
Tridiyawati, F., & Prahasta, D. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(2), 144–150. https://doi.org/10.33221/jikm.v11i02.774
Ula, V. R., Darianto, & Hayat, A. A. (2021). Meningkatkan Kepuasan Pasien melalui Pelayanan Prima dan Trust Pasien. Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 37(1), 46–56.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.
Usmani, N. A., & Hasniar. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Graha Medika Public Health Journal, 2(1), 71–82. https://journal.iktgm.ac.id/index.php/publichealth
Utami, Y. T. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Uptd Puskesmas Penumping Surakarta. Infokes, 8(1), 57–65.
Yuanita, F., Palutturi, S., & Genisha, J. (2021). Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas Salo Kabupaten Pinrang. Jurnal Kesehatan Ilmiah, 16(1), 22–32. http://180.178.93.169/index.php/jikd/article/view/442
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Abdul Rahman La Ede; Johan Budhiana, Ashari Maulana Suryadi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Health Society published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
Jurnal Health Society by STIKes Sukabumi is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International